Planet- Planet

Planet- planet merupakan benda terbesar dalam tata surya sesudah Matahari, kecuali satelit yang sebanding dengan diameter planet Merkurius.  Dalam urutan menurut jaraknya dari Matahari, urutan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Setiap planet berjalan di sekeliling matahari dalam sebuah elips raksasa yang terlihat sangat mirip dengan lingkaran. Berikut adalah nama- nama planet beserta sifat- sifatnya.

1.    Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Jarak antara Merkurius dengan Matahari tidak tetap, kadang menempati jarak terdekat, kadang juga berada pada jarak terjauh dari Matahari. Jarak rata- rata antara Merkurius dengan matahari adalah 57,9 juta km. Secara fisik diameter merkurius mencapai 4.879 km.

Waktu yang digunakan untuk melakukan satu kali putaran pada porosnya (periode rotasi) adalah 58,6 hari. Sedangkan untuk mengitari matahari satu kali (periode revolusi) memerlukan waktu 88 hari. Volume merkurius adalah sekitar 0,056 kali volume bumi dan massanya 0,055 kali massa bumi. Bentuk planet ini mirip bulan, dengan permukaan berupa lapisan tipis silikat. Komposisi pembentuk planet ini terdiri atas besi dan unsur berat lain. Suhu pada siang hari di planet merkurius 427˚ C, sedangkan suhu pada malam hari di planet ini -173˚C.

2.    Venus

Venus adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah merkurius. Seperti planet yang lain, venus memiliki jarak terhadap matahari tidak tetap. Jarak rata- rata antara venus dan matahari adlah 108 juta km. Diameter venus mencapai 12.100 km, sedangkan massanya sekitar 0,815 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 243,2 hari, sedangkan periode revolusinya adalah 225 hari. Bentuk planet ini mirip dengan  permukaan berupa awan tebal H2SO4 dengan suhu permukaan 465˚C. Komposisi pembentuk planet ini terdiri atas besi dan unsure berat lainnya.

3.    Bumi

Bumi adalah planet terdekat ketiga dengan matahari setelah merkurius dan venus. Jarak rata- rata antara bumi dan matahari adalah 150 juta km. Diameter bumi adalah12.760 km. Periode rotasi bumi 23,9 hari, sedangkan periode revolusi adalah 265,25 hari. Suhu rata- rat permukaan bumi adalah 14˚C.

Bumi memiliki massa 5,98 x 1024 kg dengan volume sebesar 1,08 x 1012 km3. Bumi terdiri dari tiga bagian: udara, air, dan bagian padat (atmosfer, hidrosfer, dan litosfer). Udara yang mengelilingi bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas- gas lain. Air di bumi hampir 96% tersusun dari hydrogen dan oksigen. Bagian padat bumi terdiri dari tiga jenis batuan, yaitu batuan gunung berapi, batuan endapan, dan batuan metamorfik serta tanah. Tanah terdiri dari batuan yang bergabung dengan bahan- bahan organic. Bumi memiliki 1 buah satelit.

4.    Mars

Mars merupakan planet urutan keempat jika ditinjau dari matahari setelah merkurius, venus dan bumi. Jarak rata- rata antara mars dengan matahari adalah 228 juta km. Diameter mars mencapai 6.780 km, sedangkan massanya 0,11 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 24,6 jam, sedangkan periode revolusi adalah 687 hari. Bentuk planet ini mirip bumi dengan atmosfer mengandung CO2, sedikit: N2, Ar, O2, CO, Ne, Kr, dan Xe. Pada musin dingin suhu di planet ini mencapai -124˚C, sedangkan pada musim panas suhunya mencapai -31˚C. Jumlah satelah mars adalah 2.

5.    Jupiter

Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari setelah merkurius, venus, bumi, dan mars. Jaraj rata- rata antara Jupiter dengan matahari adalah sebesar 778,3 juta km. Jupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter mencapai 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9,8 jam, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun. Di permukaan planet ini terdapat bintik merah raksasa. Atmosfer Jupiter mengandung hydrogen (H), Helium (He), metana (CH4) dan amoniak (NH3). Suhu di permukaan planet ini berkisar dari -140˚C sampai dengan 21˚C. Seperti planet lain, Jupiter tersusun atas unsur besi dan unsur berat lainnya. Jupiter memiliki 16 satelit.

6.    Saturnus

Sturnus adalah planet terdekat keenam dari matahari setelah Jupiter. Jarak rata- rata antara Saturnus dengan Matahari adalah 1.429,4 juta km. Saturnus adalah planet yang cukup besar dengan diameter mencapai 120.540 km dan memiliki massa 94,3 kali massa bumi. Waktu yang diperlukan untuk melakukan rotasi planet ini adalah 10,7 jam, sedangkan periode revolusi adalah 29,5 tahun.

Planet ini memiliki inti dan cincin. Planet ini satu- satunya planet yang memiliki cincin. Planet ini memiliki atmosfer yang mengandung hydrogen (H) dan helium (He). Suhu pada puncak awannya -178˚C. Planet ini memiliki 18 satelit. 

7.    Uranus

Uranus adalah planet terdekat ketujuh dari matahari setelah saturnus. Uranus memiliki jarak rata- rata antara Uranus dan Matahari adalah 2.875 juta km. Uranus memiliki diameter mencapai 51.118 km dan memiliki massa 14,54 massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 17,25 jam, sedangkan periode revolusi adalah 84 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan berwarna hijau dan biru, dibungkus atmosfer yang mengandung hydrogen (H), helium (He), metana (CH4) dan etana. Suhu atmosfer -214˚C dan suhu intinya mencapai 7.000˚C. Uranus memiliki satelit 15 buah.

8.    Neptunus

Neptunus merupakan urutan kedelapan jika ditinjau dari matahari. Neptunus memiliki jarak rata- rata dengan matahari adalah 4.450 juta km. Uranus memiliki diameter mencapai 49.530 km dan memiliki massa 17,2 massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 16,1 jam, sedangkan periode revolusi adalah 164,8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun planet ini adalah besi dan unsure berat lainnya. Planet Nepttunus memiliki 8 buah satelit.

9.    Pluto

Pluto adalah planet terkecil dan terjauh dari matahari. Planet ini merupakan urutan kesembilan jika ditinjau dari matahari. Pluto memiliki jarak rata- rata dengan matahari adalah 5.900,1 juta km. Pluto memiliki diameter yang mencapai 4.862 km dan memiliki massa 0,002 massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 6,39 hari, sedangkan periode revolusi adalah 248,4 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan atmosfer mengandung metana. Suhu permukaan planet berkisar -233˚C sampai dengan -233˚C, sehingga sebagian besar berwujud es.

About these ads
Categories: Fisika, Home | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: